" Seseorang boleh memiliki kata-kata dan gagasan sepenuh dunia, tetapi bila tidak menulis satu kalimatpun darinya, maka anak-anak akan kehilangan warisan berharga. Sebab angin dan ombak tidak pernah bisa menyimpan apa-apa".

Minggu, 21 Agustus 2016

#BATUHIJAUBOOTCAMP : TIMUR KE BARAT “KERJA NYATA UNTUK NEGERI”

Kibaran sang merah putih di pelabuhan kayangan, Lombok Timur dan booat Tenggara Satu NNT

Bebearapa waktu lalu saya semapt menulis curhatan di akun path pribadi saya seperti ini “ hakikat pertemuan itu bukanlah sebuah perpisahan, tetapi kita dipertemukan untuk berpisah sementara dan akan dipertemukan kembali dalam suasana yang berbeda”. Sebuah curhatan pribadi yang ditujukkan untuk sahaba-sahabat saya alumni Sustainable Mining Bootcamp batch IV. Sejak terakhir tahun lalu mengikuti kunjungan ke eks PT Newmont Minahasa Raya di Buyat, Sulawesi Utara kami tidak pernah bertemu kembali. Gayungpun bersambut, beberapa hari setelah saya memposting curhatan tersebut, sebuah email dari bu Jenni di Jakarta memberitahukan kami bahwa kami akan berkumpul dan dipertemukan kembali.

Alumni Sustainable Mining Bootcamp batch IV (2015)



Sebuah program bertajub “ Batu Hijau Bootcamp: Timur ke Barat” akan menjadi ajang silaturahmi bagi kami alumni kegiatan Sustainable Mining Bootcamp yang diselenggaraka PT Newmont Nusa Tenggara yang kini pada tahun 2016 ini sudah menghasilkan lima angkatan  dan puluhan alumni. Beberapa alumni yang berasal dari berbagai macam suku, daerah dan profesi tersebut akan berkumpul untuk melalukan sebuah kegiatan bermanfaat. Berbeda dengan kegiatan Sustainable Mining Bootcamp yang titik fokus kegiatan nya mengenal dunia tambang lebih dekat program dari timur ke barat ini mengusung konsep berbeda.
            Kegiatan ini akan mengajak bootcampers (sebutan untuk alumni batu hijau bootcamp) melalukan kegiatan sosial di beberapa kota melalui perjalanan menggunakan kereta api, bergerak dari sebelah timur (Sumbawa Barat) menuju sebelah barat ( Jakarta). Di setiap titik singgah, para bootcampers ini di daerah asal dan melaksanakan kegiatan sosial bersama di daerah tersebut. Saat tiba di Jakarta, selain melaksanakan kegiatan sosial, akan diadakan juga kegiatan futsal dengan tim NNT dan sejumlah rekan media.

Timur ke Barat : Maluk, Mataram, Surabaya, Yogyakrta dan Jakarta

Perjalan dari barat ke tinur ini tentunya akan menjadi perjalana panjang dari tanggal 22-28 Agustus 2016 yang tidak akan sekedar ajang bertemu dan jalan-jalan semata, tetapi ada satu hal nyata yang akan kami dedikasikan untuk Indonesia. Masih dalam suasana HUT kemerdekaan RI ke 71 yang mengusung tema kerja nyata, kami juga berharap para bootcampers bisa mendedikasikan kegiatan ini sebagai bentuk kerja nyata untuk negeri. Rasulullah SAW dalam sabdanya pernah mengatakan “ sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya. Dari perjalanan timur ke barat ini semoga kita bisa mengambil hikmah dan bisa menebarkan asas manfaat bagi sekitar kita.  Harapan terbesar saya juga program ini juga bersifat berkelanjutan tidak terhenti dari timur ke barat dan kegiatan Sustainable Mining Bootcamp juga bisa terus dilaksanakan.


2 komentar:

Copyright © AKSARA RASA | Design by Wingga